Kota Cirebon Akan Punya Becak Wisata


Oleh: Maman Abdurahman
3 February 2013 | 13:09 WIB

CIREBON (bisnis-jabar.com)–Pemerintah Kota Cirebon akan mendorong kalangan pengusaha hotel merangkul para pengusaha becak merintis becak wisata untuk menarik minat kunjungan wisata di wilayah paling utara Jawa Barat tersebut.

Pasalnya populasi becak di kota yang hanya memiliki luas 37 km2 tersebut pada 2012 mencapai 4.500 becak dan hal tersebut dipandang sebagai potensi penarik kunjungan wisatan kalau dikelola dan ditata dengan baik.

Wali Kota Cirebon Subardi melalui Kabag Humas Pemkot Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan wacana membuat wisata becak akan dimulai dengan meminta pengusaha hotel memiliki binaan sejumlah pengusaha becak yang nantinya khusus menyediakan jasa angkutan becak untuk wisatawan.

Dirinya menuturkan dalam pembinaannya para pengusaha becak pun diberikan bekal wawasan tentang tempat-tempat wisata di Kota Cirebon dan kemampuan berbahasa asing.

“Pemerintah [Pemkot Cirebon] nantinya akan memberikan subsidi kepada pemilik becak untuk operasional sehari-hari agar becak wisata bisa terus beroperasi,” katanya kepada bisnis, Jumat (1/2/2013).

Agus mengungkapkan untuk kemasan becak wisata tentunya akan berbeda dengan becak lainnya yang biasa beredar di Kota Cirebon karena untuk becak wisata harus dikemas dengan bagus agar lebih memikat wisatawan.

“Langkah awal pembinaan pengusaha becak adalah pengusaha yang berdomisili di Kota Cirebon harapannya dapat lebih memberdayakan masyarakat lokal,” ujarnya.(k3/yri)

Comments