Buku:Mengaji Pada Sunan Gunung Jati

Buku ini pas jadi teman ngobrol anda berwisata religi di Komplek Makam SGJ

Syarif Hidayatullah adalah seorang penyebar Islam di Jawa (Barat) yang terkenal. Kharismanya menembus batas-batas negara. Hingga sekarang tempat persemayaman beliau masih ramai dikunjungi oleh para peziarah dan menjadi daya tarik wisata di Jawa Barat.

Situs pemakaman raja-raja Cirebon itu menyimpan nilai filosofi bernilai spiritual tinggi, sehingga kelestariannya tetap dipelihara untuk menjadi bahan pengajian yang bisa ditilik dan ditengok oleh siapapun sepanjang zaman.

Ada baiknya kita kaji pesan Haji Abdullah Iman, Pangeran Walangsungsang Cakra Buana :

Anak putu Cah Cherbon, aja kayaha ayam jago trondhol,
mati kaliren sa' duwre tumpeng
"Anak cucuku bocah-bocah Cirebon, jangan jadi seperti ayam jago kehilangan bulu yang mati kelaparan diatas tumpeng"

Situs Makam Sunan Gunung Jati yang dikenal dengan sebutan Giri Nur Ciptarengga atau Giri Saptarengga adalah sebuah buku raksasa yang menyimpan ide ajaran beliau. Sedangkan buku mungil ini mencoba membacakannya untuk anda.

Dalam dialog-dialognya, buku ini mengajak anda untuk menjadi ‘anak muda’ yang lewat seorang ‘pemandu’, ia dapat menikmati perjalanan ziarahnya itu seolah bagai tengah mengaji Pada Sunan Gunung Jati.

Pastinya pengajian ini tak pernah akan selesai, sebab bukankah setiap langkah kaki kita, setiap nafas adalah pengajian hingga kita menemukan ‘gelintiran tanah merah’ di Pesambangan, lambang pertemuan antara kita dengan-Nya.

Senejan buku ini tipis mungil, tapi dengan bahasa yang sederhana sangat cocok sebagai teman anda bila hendak berwisata religi ke komplek Makam Sunan Gunung Jati. Membacanya, kita – seolah – sedang berdialog dengan benda bersejarah di hadapan kita. Membacanya, simbol-simbol yang kita temukan terasa berjiwa, hidup.

Buku Abdul Ghofar ini mudah ditemukan di sekitar Komplek Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon. Salah satu persisnya di sebuah toko seberang jalan raya depan Balai Desa Astana, Gunung Jati, Cirebon.

Anda berminat denga buku ini? Talk us

Comments